Informasi Penting Tentang Proposal dan Tujuan Pembuatannya

Setiap orang yang memiliki kegiatan apapun pastinya mengharapkan bahwa kegiatan tersebut bisa lancar dilaksanakan. Namun tentunya sebuah kegiatan bisa menjadi lancar tidak terjadi dengan begitu saja. Banyak sekali persiapan yang mesti diperhitungkan dan juga dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum kegiatan tersebut dimulai.

Salah satu yang paling terpenting adalah pembuatan proposal ini. Bahkan bisa dipastikan bahwa sukses atau tidaknya sebuah acara maka salah satu faktor penentunya adalah keberadaan proposal ini. Seringkali sebuah kegiatan tidak sesuai ekspektasi disebabkan karena proposal yang memang tidak sesuai harapan ataupun jauh dari sempurna. Sesuatu yang semakin menegaskan betapa pentingnya pembuatan proposal.

Namun bagi mereka yang tergolong masih awam maka pastinya masih kurang paham tentang keberadaan proposal ini. Untuk itulah, penting sekali guna memahami keberadaan dari proposal ini dan tujuan pembuatannya. Terutama bagi kamu yang memiliki rencana untuk membuat sebuah kegiatan. Supaya kegiatan tersebut menjadi sempurna maka mengetahui pembuatan proposal yang baik juga jangan sampai dilewatkan. Bagi kamu yang ingin tahu, berikut penjelasan lebih detailnya.

Pengertian Proposal

Tentunya sebelum mengenal tentang proposal ini maka ada baiknya untuk mengetahui pengertian proposal ini. Soalnya akan menjadi sulit bagi kamu untuk membuat proposal dengan baik apabila mengetahui secara mendetail tentang proposal ini. Lantas apa sih sebenarnya arti dari proposal ini? Sederhananya proposal adalah sebuah tulisan yang berguna untuk menjelaskan dengan mendetail tentang rencana atau tujuan sebuah kegiatan digelar.

Nantinya hal ini akan sangat berguna untuk membuat pembaca yang memiliki tugas untuk membaca proposalnya memahami tujuan pembuatan kegiatan tersebut. Namun apabila kamu merasa bahwa pengertian proposal tersebut masih belum terlalu jelas. Maka tidak ada salahnya untuk mengetahui pengertian dari berbagai sumber ahli sepeti berikut ini.

  • Menurut KBBI

Ahli pertama yang memiliki pengertian tersendiri tentang proposal adalah KBBI. Seperti yang diketahui bahwa KBBI ini sendiri seringkali dijadikan rujukan untuk berbagai definisi istilah kata. Termasuk definisi tentang proposal ini juga bisa ditemukan di dalam KBBI ini. Menurut KBBI sendiri, proposal adalah tulisan yang berisi rencana yang dituangkan dalam bentuk rencana kerja. Jadi jangan sampai lagi kamu salah dalam mendefinisikannya.

  • Menurut Rieefky

Berikutnya, pengertian proposal yang dipahami oleh Rieefky. Menurut Rieefky sendiri, proposal adalah bentuk rancangan kegiatan yang dibentuk untuk urusan formal atau standar. Biasanya sendiri dengan kebutuhan formal yang jauh lebih besar atau lebih banyak daripada untuk urusan standar itu sendiri.

  • Menurut Hasnun Anwar

Ternyata Hasnun Anwar juga tidak ingin ketinggalan memberikan pendapatnya tentang definisi proposal ini. Di mana menurut beliau, proposal sendiri diartikan sebagai rencana yang disusun runut guna memenuhi tujuan yang ingin dicapai.

Sekarang ini, pastinya kamu jauh lebih mengerti tentang definisi dari proposal itu sendiri. Namun bukan berarti bahwa kamu sudah boleh merasa mengerti semua tentang proposal ini. Masih banyak hal tentang proposal ini yang perlu diketahui. Termasuk tujuan pembentukan proposal ini. Jangan sampai kamu sudah repot-repot dalam membuat proposal ini tapi tidak tahu tentang tujuan pembuatannya. Lantas apa sih tujuan dari proposal ini? Bagi kamu yang ingin tahu, akan diberikan penjelasan lebih lengkapnya.

Related :  Mengenal Macam-Macam Bangun Ruang Beserta Rumusnya

Untuk Mendapatkan Bantuan Dana

Tujuan pertama dari pembuatan proposal adalah untuk bisa mendapatkan dana. Seperti yang diketahui bahwa setiap kegiatan apapun itu pastinya membutuhkan dana untuk bisa beroperasi. Sudah bisa dipastikan bahwa akan menjadi sulit apabila ternyata kamu harus menanggung seluruh beban biaya tersebut seorang diri. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat sebuah proposal.

Nantinya proposal tersebutlah yang ditawarkan pada pihak tertentu. Apabila pihak tersebut tertarik dengan isi proposal tersebut maka bukan tidak mungkin bahwa mereka akan membayarkan kebutuhan untuk kepentingan proposal tersebut. Untuk itulah, penting sekali dalam membuat proposal yang baik dan juga memikat.

Untuk Mendapatkan Dukungan

Bukan hanya bantuan dana tapi ternyata pembuatan proposal ini juga berguna untuk mendapatkan dukungan dari pihak sekitar. Meskipun terkesan sepele tapi pada kenyataannya, mendapatkan dukungan ini tergolong sangat penting sekali untuk kelancaran dari kegiatan yang ingin Anda jalankan. Untuk itulah, penting sekali memperhatikan secara mendetail pembuatan dari proposal ini.

Untuk Mendapatkan Perizinan

Kelancaran sebuah acara tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor paling penting untuk kelancaran acara ini adalah acara tersebut mesti mendapatkan perizinan. Tentunya izin tersebut tidak akan datang dengan begitu saja. Mesti ada peraturan dan juga protokol yang mesti dilewati. Salah satu protokol tersebut adalah dengan melampirkan proposal tersebut. Nantinya dari proposal yang sudah diajukan maka pihak kepolisian bisa menelaah apakah kegiatan tersebut bisa diberikan izin atau malah sebaliknya. Jadi tentunya tidak bisa sembarangan dalam pembuatan proposal ini

Menjadi Arahan untuk Panitia

Setiap kegiatan pastinya peran panitia menjadi sangat dibutuhkan. Tentunya panitia untuk bisa bekerja secara baik maka dibutuhkan arahan yang tepat. Arahan tersebut tentunya tidak bisa diberikan secara sembarangan dan tidak bisa dilakukan begitu saja. Pengarahan terbaik yang bisa diberikan adalah dengan menggunakan proposal seperti yang satu ini. Soalnya di dalam proposal tersebut terdapat isi acara, detail acara dan juga kebutuhan acara. Jadi pastinya bisa dijadikan pegangan dan penunjuk bagi setiap panitianya.

Macam-Macam Proposal

Dengan berbagai manfaat yang dimiliki oleh proposal maka pastinya membuat kamu sudah tidak bisa memandang sebelah mata terhadap proposal ini. Bahkan mungkin kamu sudah ingin bergegas ingin segera membuat proposal. Namun jangan terburu-buru dulu lho. Karena masih banyak hal penting yang mesti diketahui terlebih dulu.

Termasuk mengetahui bahwa proposal ini sendiri banyak sekali jenis dan macamnya. Jadi salah dan keliru sekali kalau kamu pikir bahwa proposal itu jenisnya hanya satu saja. Setiap jenis dan macam proposal tentunya memiliki fungsi sekaligus kegunaan masing-masing. Jadi ada baiknya bagi kamu untuk mengetahui terlebih dulu secara mendetail tentang jenis dan macam-macam proposal seperti berikut ini.

Jenis Proposal yang Umum

Jenis proposal pertama yang mesti kamu ketahui adalah jenis proposal umum seperti yang satu ini. Seperti namanya, proposal umum ini adalah jenis proposal yang mudah ditemukan dan terbilang paling umum ditemukan di publik. Untuk jenis proposal umum akan dibagi dalam beberapa jenis yang mudah dipahami.

1. Proposal Bisnis

Sudah bisa dipastikan bahwa proposal bisnis tentunya tergolong ke dalam jenis proposal umum. Apalagi kalau mengingat bahwa bisnis ini sendiri menyangkut hajat hidup orang banyak. Seperti namanya, bahwa proposal bisnis ini tentunya erat kaitannya dengan kepentingan maupun urusan bisnis yang ada. Baik itu bisnis yang dibangun oleh perorangan ataupun bisnis yang dibangun oleh kelompok.

Related :  Mengenal Macam-Macam Bangun Ruang Beserta Rumusnya

2. Proposal Proyek

Untuk jenis proposal yang satu ini maka erat hubungannya dengan dunia pekerjaan. Lebih tepatnya dengan proyek pekerjaan yang berhubungan dengan urusan komersial. Lebih mudahnya adalah contoh seperti proyek pembangunan untuk kantor. Jelas saja dalam proyek pembangunan kantor terebut berhubungan erat sekali dengan kebutuhan uang dan dan juga materi. Sesuatu yang kemudian membuat proposal ini mnejadi sangat dibutuhkan.

3. Proposal Penelitian

Bagi mereka yang berstatus sebagai akademisi pastinya sudah tidak asing lagi dengan proposal penelitan ini. Bukan tanpa alasan karena nantinya proposal penelitian inilah yang akan membantu dalam menunjang proses akademisi yang sedang mereka lakukan. Untuk proposal penelitian ini biasanya akan berupa tesis, tugas akhir hingga jenis serupa lainnya. Tentunya pembuatan proposal penelitian ini mesti dilatarbelakangi dengan kemampuan akademik yang mumpuni. Jadi bisa dibilang, bukan orang biasa yang bisa membuat proposal penelitian ini.

4. Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan terbilang adalah jenis proposal yang paling sederhana dan juga paling banyak digunakan. Terutama oleh orang-orang yang memang berniat untuk membuat sebuah acara atau kegiatan yang masih berada di lingkungannya sendiri. Jadi tentunya pembuatan proposal ini tidaklah terlalu sulit dilakukan. Lantas proposal ini seringkali digunakan untuk acara apa sih? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa proposal ini seringkali digunakan untuk acara sederhana seperti acara lomba antar kampung ataupun perayaan di sekitar kompleks. Jadi bisa dipastikan bawha runutan pembuatan proposal ini juga tidaklah terlalu sulit.

Jenis Proposal Berdasarkan Bentuknya

Apabila kamu sudah mengetahui definisi dari proposal yang sesuai dengan definisi pada umumnya maka jangan berhenti sampai di situ saja. Karena masih ada jenis proposal berikutnya yang penting untuk kamu ketahui. Jenis proposal berikutnya adalah jenis proposal yang dipisahkan berdasarkan bentuknya. Apa saja itu? Berikut ini penjabaran yang jauh lebih lengkapnya.

1. Proposal Formal

Penjabaran yang pertama adalah proposal formal seperti yang satu ini. Dari namanya maka fungsi dari proposal formal maka pastinya tidak akan pernah jauh dari kebutuhan formal di sekitarnya. Tidak heran apabila proses penyusunan proposal formal ini tergolong cukup lengkap. Semuanya diawali dengan  pembuatan bagian pendahuluan terlebih dulu.

Untuk bagian pendahuluan ini sendiri baisanya halaman judul, kata pengantar, daftar isi hingga kemudian pengesahan. Jadi tentunya harus disusun secara runut dan juga benar. Lanjutkan dengan bagian isinya yang mesti diisi dengan latar belakang masalah hingga tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan untuk bagian penutupnya maka disarankan untuk daftar pustaka, lampiran hingga beberapa hal pendukung lainnya.

2. Proposal Non Formal

Bisa dibilang, jenis proposal yang satu ini merupakan kebalikan dari jenis proposal yang sebelumnya. Apabila jenis proposal formal tergolong lengkap maka untuk proposal non formal ini tidaklah terlalu lengkap. Asalkan poin-poin pentingnya tertulis dengan baik maka proposal non formal tersebut sudah bisa dibuat. Biasanya untuk proposal non formal ini sendiri disii dengan permohonan atau perpecahan masalah yang ingin ditawarkan kepada pihak yang dituju.

3. Proposal Semi Formal

Sedangkan jenis terakhirnya adalah proposal semi formal seperti yang satu ini. Bisa dibilang, untuk proposal semi formal ini sendiri tidak terlalu jauh berbeda dengan proposal non formal. Hanya saja, ada beberapa bagian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan. Jadi pembuatan jenis proposal ini tentunya tidak terlalu sulit dilakukan.

Struktur Proposal

Kini, pastinya kamu semakin berniat untuk segera membuat proposal. Namun tak ubahnya jenis tulisan lainnya maka penulisan proposal ini juga mesti mematuhi kaidah struktur yang ada. Karena nyatanya, proposal ini memiliki struktur penulisannya sendiri yang tentunya mesti diikuti bagi siapapun yang ingin menuliskannya. Bagi kamu yang ingin tahu, detail struktur proporsal seperti berikut ini.

Related :  Mengenal Macam-Macam Bangun Ruang Beserta Rumusnya

1. Sampul

Struktur proposal yang pertama adalah bagian sampul tulisan. Sampul ini tentunya mesti mengikuti lembaga atau organisasi dari yang berkepentingan membuat proposal tersebut. Bukan tanpa alasan, karena dengan cara tersebut maka pihak yang bertanggung jawab atas pembuatan proposal tersebut menjadi diketahui. Jadi pastikan terlebih dulu bahwa pembuatan proposal ini memang sudah disesuaikan dengan sampul dari pihak yang bertanggung jawab tersebut. Barulah kemudian di bawah sampul tersebut, ditulis pihak institusi atau lembaga yang bersangkutan.

2. Latar Belakang

Penulisan latar belakang ini sendiri juga terbilang vital dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Soalnya ternyata masih banyak orang yang seringkali sembarangan dan memandang sebelah mata dalam penulisan latar belakang ini. Sangat disarankan untuk menulis dari hal yang umum terlebih dulu untuk kemudian baru mengarah ke hal khusus ketika menulis latar belakang ini.

3. Nama Kegiatan

Tentunya penyebutan dari nama kegiatan yang akan diselenggarakan tidak boleh terlewatkan begitu saja. Bahkan disarankan untuk kemudian menuliskan nama kegiatan secara terperinci. Soalnya ada beberapa nama kegiatan yang seringkali serupa.

4. Tema

Perlu dicatat penting bahwa tema yang dipilih ini haruslah tema yang sudah sesuai dengan pilihan dari semua pihak yang terlibat. Jangan sampai pemilihan tema ini ternyata hanya keinginan segelintir pihak saja. Karena apabila hal tersebut yang terjadi maka bisa dipastikan bahwa kegiatan yang direncanakan tidak akan berjalan lancar.

5. Jenis Kegiatan

Setiap kegiatan yang akan dilakukan mesti ditulis dengan mendetail dan juga lengkap. Soalnya berbagai pihak yang terlibat akan melihat jenis kegiatan ini terlebih dulu. Tentunya setiap kegiatan tersebut mesti dijabarkan secara rinci tujuan dan detail pelaksanaannya akan seperti apa.

6. Sarana Promosi

Sebuah kegiatan pastinya membutuhkan promosi untuk membuat kegiatan berjalan seperti seharusnya. Promosi ini sendiri tidak bisa dipandang sepele dan tetap harus dituliskan secara mendetail dalam proposal yang akan dibuat. Nantinya dalam proposal tersebut mesti ditulis tentang keuntungan dari sponsor, sarana dari promosi yang dipilih hingga besar kecilnya logo sposor yang akan ditampilkan.

7. Estimasi Anggaran

Estimasi anggaran ini juga tidak boleh ketinggalan untuk dicatat secara mendetail. Sebut saja seperti administrasi, konsumsi, panggung, musik hingga kebutuhan lainnya yang mesti masuk ke dalam daftar anggaran. Semuanya mesti dicatat secara mendetail dan usahakan serinci mungkin. Hal ini nantinya akan sangat berguna untuk mengetahui besaran anggaran yang mesti dipersiapkan. Baik itu oleh pihak panitia maupun oleh pihak sponsor. Ketiadaan estimasi anggaran ini sudah bisa dipastikan akan menimbulkan kekacauan.

8. Penutup

Untuk bagian penutup maka kamu hanya perlu mengisinya dengan ucapan terima kasih maupun permintaan maaf kepada instansi. Hal ini berguna untuk memberikan kesan yang sopan sekaligus bertanggung jawab.

9. Susunan Kepanitian

Sedangkan struktur yang terakhir adalah susunan kepanitiaan yang bergabung dalam kegiatan tersebut. Mengingat pentingnya peranan dari mereka tentunya jangan sampai dilupakan dan terlewatkan begitu saja. Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat kamu lebih paham tentang informasi penting proporsal dan tujuan pembentukannya. Jadi jangan sampai lagi ada alasan tidak membuat proposal karena dianggap tidak penting dan tidak tahu manfaatnya. Karena kamu dan kegiatan yang akan dibuat sangat bergantung dengan pembuatan proposal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *