Macam-Macam Tarian Daerah Yang Ada Di Indonesia

Indonesia adalah negara dengan keberaneka ragamaan budaya dan sukunya dimana salah satu budayanya ialah tarian daerah. Daerah-daerah yang ada di Indonesia memiliki khas kebudayaannya masing-masing yang perlu dilestarikan oleh generasi sebelumnya hingga generasi saat ini dan seterusnya. Tentu setiap tarian pada daerah berbeda-beda, seperti gerakannya, judul lagu, kostum, pesan yang dibawa dan lain-lain. Untuk mengetahui lebih lanjut macam-macam tarian yang ada di Indonesia bisa langsung anda simak penjelasannya.

1. Tari Saman Meuseukat

Tari saman adalah tarian yang digunakan untuk memperingati peristiwa penting suatu adat dari Suku Gayo. Ulama Syekh Saman mengembangkan tarian ini dan dari beberapa sumber bacaan menyebutkan bahwa tarian ini didirikan di Aceh.

Setiap gerakan diatur oleh syekh yang gerakan tari saman unik karena hanya menampilkan gerak tepuk dada, tepuk tangan dan gerakan lain seperti gerak kirep, guncang, surang-saring, lingang (dalam Bahasa Gayo ). Fungsi dari tarian ini sebagai cara untuk menyampaikan pesan (dakwah) yang dapat mencerminkan sopan santun, kekompakan, kebersamaan, pendidikan, keagamaan dan kepahlawanan.

2. Tari Kecak

Tari kecak adalah pertunjukkan yang menceritakan tentang Ramayana dan terutama dimainkan oleh laki-laki. Tarian ini berasal dari seni khas Bali dimana puluhan penari pada tarian ini duduk melingkar dan menngangkat kedua tangan hingga menyeruakan cak. Pakaian yang dikenakan ialah kain kotak-kotak seperti catur pada pinggang mereka. Selain itu, beberapa dari penari juga memerankan tokoh Ramayana.

Tradisi tari kecak, penarinya tidak dalam kondisi sadar dan menyampaikan harapan masyarakat melalui komunikasi dengan roh para leluhur atau Tuhan adalah ritual sanghyang. Tarian ini hanya diiringi dengan kincringan yang berada di kaki penari sehingga tidak menggunakan alat musik.

3. Tari Sekapur Sirih

Tari sekapur sirih adalah tarian yang berasal dari Provinsi Jambi untuk memberikan selamat datang kepada tamu-tamu besar. Tahukah kamu? Tari sekapur sirih juga terkenal hingga ke Malaysia loh dan menjadi tarian wajib untuk tamu besar. Penyambutan tamu dengan menunjukkan keramahan kepada tamu yang dihormati dengan gerak yang lembut dan diiringi oleh musik.

Penari pada tarian ini berjumlah 9 orang penari perempuan dan 3 orang penari laki-laki (satu orang membawa payung dan dua orang menjadi pengawal). Properti yang digunakan yaitu pakaian (baju kurung adat Jambi), payung, keris, tempat yang berisi daun sirih, alat musik (gong, rebana, biola, gambus, gendang, dan akordion).

4. Tari Jaipong

Jaipongan adalah tarian tradisional yang sangat populer di Indonesia dan berasal dari masyarakat Karawang, Jawa Barat. Tarian ini gabungan dari beberapa kesenian, seperti wayang golek, ketuk tilu, pencak silat dan lain-lain.  Gerakan penuh dengan semangat serta diiringi oleh musik yang temponya cepat, tarian ini ditunjukkan untuk penyambutan tamu (tamu internasional ataupun urusan kedaerahan). Kalian dapat menikmati keindahan tarian ini ketika menontonnya secara langsung.

5. Tari Reog Ponorogo

Reog adalah tarian tradisional yang termasuk salah satu seni budaya di Jawa Timur dan berfungsi sebagai hiburan masyarakat. Tarian ini masih sangat kental dengan ilmu kebatinan serta hal-hal yang mistik sehingga mengandung unsur magis. Penari utama tari reog ponorogo mengenakan kepala singa yang terdapat hiasan bulu merak, sedangkan penari lain ada yang mengenakan kuda lumping ataupun bertopeng.

Reog modern biasanya ditampilkan pada acara khitanan, pernikahan dan hari besar Nasional. Pada sesi pembukaan biasanya dibawakan oleh tarian anak kecil dengan adegan lucu (Ganongan atau Bujang Ganong). Kemudian, ditunjukkan adegan inti tarian sesuai dengan kondisi Reog ditampilkan. Jika berhubungan dengan khitanan, biasanya cerita pendekar. Sedangkan, acara pernikahan yang ditunjukkan adalah adegan percintaan.

6. Tari Serimpi

Serimpi adalah tradisi tari jawa yang dikembangkan dan dilestarikan hingga saat ini di Jawa Tengah (Surakarta) dan Yogyakarta. Gerak gemulai pada tarian ini menggambarkan kehalusan budi, kesopanan dan lemah lembut pada gerakan  anggun yang diiringi suara gamelan. 

Durasi waktu pementasan, segi pakaian dan lain-lain pada tari serimpi telah mengalami perkembangan dari masa ke masa. Dahulu, tarian ini sangat sakral sehingga hanya boleh ditampilkan oleh orang-orang pilihan keraton.

7. Tari Topeng

Tari topeng adalah tarian yang mengenakan topeng pada penarinya. Tarian ini menjadi bagian penceritaan kembali cerita para leluhur atau upacara adat yang dilihat dari kegunaanya secara luas. Topeng tersebut diyakini berkaitan erat dengan roh leluhur. Tari topeng dibagi menjadi berbagai macam, antara lain Topeng Dayak, Topeng Bali, Topeng Cirebon, Topeng Malang, Topeng Reog dan Topeng Ireng.

8. Tari Kipas Pakarena

Tari kipas pakarena adalah tarian yang berasal dari Sulawesi Selatan serta menjadi tradisi budaya bagi masyarakat Gowa hingga berabad-abad. Gerakan pada tarian ini duduk dan memutar searah jarum jam yang memiliki makna bahwa siklus kehidupan akan selalu berputar. Ada juga gerakan naik turun yang maknanya adalah kehidupan manusia bisa berada di atas kadang bisa juga berada di bawah, sehingga dalam menjalani kehidupan dibutuhkan kesabaran. Dan terdapat 12 gerakan lain yang juga memiliki maknanya sendiri.

9. Tari Andun

Tari Andun adalah tarian yang berasal dari Bengkulu dan termasuk bagian dari syarat wajib pelaksanaan upacara adat Nundang Padi. Gerakan pada tarian ini berupa gerak puji, gerak sembah dan gerak saling tindih yang memiliki nilai gotong royong masyarakat serta kebersamaan untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, tarian andun ditunjukan di lapangan terbuka. 

10. Tari Bendrong Lesung

Bendrong lesung adalah kesenian tari yang berasal dari Banten. Sarana yang digunakan pada tarian ini berupa lesung dan alu yang sering digunakan untuk menumbuk padi atau tepung beras. Selain itu, kesenian bendrong lesung menjadi ritual masyarakat Banten untuk masa panen raya, khitanan, perkawinan, upacara penyambutan tamu atau gelar seni budaya. Kostum yang dikenakan oleh penari  yaitu baju adat Banten yang berwarna cerah dan  warna-warni. 

11. Tari Piring

Tari piring adalah tarian yang menggunakan piring sebagai atraksinya yang berasal dari Minangkabau. Piring yang berada di tangan para penari diayunkan dengan gerakan cepat dan teratur tanpa ada satupun piring yang terjatuh. Tarian ini ditampilkan pada saat pembukaan upacara adat atau penyambutan tamu terhormat.

12. Tari Melinting

Tari melinting adalah tarian tradisional yang berasal dari Lampung yang berfungsi sebagai acara sakral yang sekarang telah berkembang menjadi tarian rakyat. Selain itu, tarian ini juga dilakukan untuk ungkapan rasa syukur atas kebahagiaan dan ditampilkan pada acara penyambutan tamu agung. Kostum yang dikenakan berupa pakaian adat Lampung dengan beberapa atribut seperti kopiah untuk penari pria, sedangkan penari wanita dilengkapi dengan kipas serta siger pada hiasan kepala.

13. Tari Selamat Datang

Tari selamat datang adalah tarian tradisional yang berasal dari Papua. Penari pria dan wanita menampilkan tarian ini untuk penyambutan tamu penting atau tamu kehormatan yang berkunjung ke daerah tersebut. Selain itu, tari selamat datang memiliki makna ungapan bentuk rasa syukur, kebahagiaan, rasa hormat masyarakat kepada para tamu. Kostum yang dikenakan berupa pakaian adat khas papua dengan beberapa perlengkapan atributnya.

14. Tari Piso Surit

Tari piso surit adalah tarian yang berasal dari Sumatera Utara (suku batak karo). Tarian ini menunjukkan seorang gadis yang menanti kedatangan kekasih dan juga untuk penyambutan tamu kehormatan. Gerakan pada tarian ini meliputi gerakan berputar, gerakan kaki, melentikan jari, gerakan naik turun dan lain-lain yang diciri khaskan oleh gerakan lemah lembut yang berulang-ulang.

15. Tari Giring-Giring

Tari giring-giring adalah tari tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah dimana tarian ini menggunakan atribut tongkat. Tongkat pada tarian ini ada dua macam yaitu tongkat panjang yang digunakan untuk menghentakan ke lantai dan dipegang di tangan kiri. Lalu, tongkat pendek dimainkan dengan cara diayunkan yang dipegang di tangan kanan. Tahukah kamu? Tarian ini bernama tari Gintur loh jika berada di Kalimantan Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *